PASUKAN PANJI HITAM THE BLACK BANNER

Wednesday, July 2, 2014

Peta Lengkap Wilayah Kekuasaan Khilafah Islamiyyah di Provinsi Aleppo (Bag. 2)

Peta Lengkap Wilayah Kekuasaan Khilafah Islamiyyah di Provinsi Aleppo (Bag. 2)

Peta Lengkap Wilayah Kekuasaan Khilafah Islamiyyah di Provinsi Aleppo (Bag. 2)

Shoutussalam 

– Sebelumnya, kita telah membaca peta lengkap Khilafah Islamiyyah di Provinsi Aleppo, Suriah  yang memperlihatkan luas wilayahnya, jumlah penduduknya, dan sebagian foto keindahan medannya.

Berikut ini redaksi suguhkan bagian yang kedua.
Ukuran hamparan Luas dan Batasan
Lebar: 110 Km
Panjang: 120 Km
Luas: 10000 Km2
Batas Utara: Turki, dari barat (utara menghadap selatan), pinggiran utara (shohawat syam), kota Aleppo dan pinggiran Selatan (Rezim Bashar Assad). Batas selatan: Wilayah Homs, dan batas timur: Wilayah Raqqa dan ‘Ain al Arab (Markas Komunis PKK).

Jumlah Penduduk
Penduduk yang berada di bawah kekuasaan Daulah Islamiyyah di Wilayah Aleppo/ Halab mencapai sekitar 1.200.000 orang penduduk.

Perkantoran/ Administrasi Pemerintah
Mahkamah (Pengadilan)
Menegakkan Hukum Syariat Allah, menegakkan hukum Hudud, mengembalikkan hak, menegakkan keadilan, setiap harinya menghukumi berbagai permasalahan, mendirikan berbagai kantor Administrasi Syar’i yang dijadikan sebagi satu-satunya rujukan dalam memutuskan peradilan bagi seluruh Idaroh (Kantor-kantor) di Daulah.
Terbagi menjadi 2 bagian:
  • Peradilan Umum
  • Mengadili segala Kedzoliman
Bagian kedua, juga termasuk dalam memutuskan peradilan terkait para prajurit, pimpinan-pimpinan Daulah, berpusat di Kota al Baab.

Kantor Polisi Islam
Kantor Kepolisian beraktivitas/ bekerja menjaga keamanan dalam kota, menjalankan operasi keamanan demi menjaga kehormatan dan harta, memberikan gambaran terhadap permasalahan yang akan diajukan kepada pengadilan sehingga hukuman yang jatuh tidak hanya berdasarkan dakwaan/tuntutan (tapi juga memiliki bukti), dan berupaya mencoba membawanya kepada Mahkamah.

Idaroh (Kantor) Syar’iyyah
Di dalamnya meliputi tiga kantor Induk:
Hisbah
Menegakkan kewajiban Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar, mencegah berbagai macam kemunkaran, melarang berbuat maksiat, memerintahkan kaum muslimin untuk berbuat baik dan berupaya membantu mereka untuk hal itu.
Maktab (Kantor) Dakwah
Menjalankan program Dakwah Ilallah lewat untaian kalimat, pengajaran di Masjid-masjid, mendirikan Tenda Dakwah, mencetak Booklet dan membagi-bagikannya sesuai pembahasan yang dibutuhkan kaum muslimin atau umumnya manusia, begitu juga menjalankan program keliling harian ke tengah-tengah desa, mendakwahi mereka dan mengajarkan urusan-urusan Dien mereka.
Idaroh (Kantor) Ma’had-Ma’had Syar’i
Di Provinsi Aleppo terdapat lebih dari 20 Ma’had Syar’i dan sejumlah besar Halaqoh Tahfidzul Qur’an, Ma’had-Ma’had dan Halaqoh Tahfidz dengan jumlah siswa ribuan perhari. Jumlah siswa Halaqoh Tahfidz di Maskanah saja berjumlah lebih dari 2500 siswa.
Kantor Ta’lim
Kantor Ta’lim (Pengajaran/ Sekolah) menghimpun seluruh sekolah-sekolah yang ada di wilayah, mengajarkan kemurniaan manhaj syar’i dan memperbaiki Manhaj sebelumnya dari doktrin-doktrin yang bertentangan dengan Syari’at Allah, begitu juga membuka sekolahan bagi para penganut atheisme dan memudahkan program pembelajarannya.
Kantor Perekrutan
Kantor ini menerima kaum muslimin manapun yang menginginkan masuk bergabung di barisan Tentara Daulah Islamiyyah, diharuskan mendaftarkan diri dan mengikuti berbagai tahapan I’dad Syar’i dan Askari (Militer).
Kantor Perhubungan Umum Antar Kabilah Suku
Program dari Kantor ini ialah menghubungkan ikatan antar seluruh manusia, khususnya guna mengenal perihal keadaan mereka dan mengawasi mereka, dan berupaya menjalani hubungan kemasyarakatan sejumlah suku bersama sejumlah suku Arab di wilayah.
Dewan Wakaf
Membangun Masjid-Masjid, menentukan Khothib, Imam dan Mu’adzin, menjaga kebersihan Masjid, memperbaikinya dan menjaga keamanan serta membangun masjid-masjid baru.
Dewan Zakat
Para pedagang, petani dan peternak di wilayah ini dikumpulkan guna memberikan Zakat musiman, membagi-bagikan hasil zakat bagi fakir miskin, mengenal keadaan mereka, dan menentukan jumlah pembagian sesuai keadaan hidup mereka.

Kantor Pelayanan Kaum Muslimin
Air
Menyuplai aliran air dari sungai Eufrat dan membagi-bagikannya ke daerah-daerah dan desa di wilayah sehingga sampai ke rumah-rumah, dan air dapat digunakan untuk minum, kebutuhan rumah dan air juga sampai ke lokasi pertanian.
Listrik
Allah memudahkan beroperasinya sistem 2 Stasiun Pembangkit Listrik Al Harariyya dan Bendungan Al Farouq, mengoperasikan sistem dari dalam, menghubungkan aliran listrik dan memperbaiki jaringan kabel listrik.
Departemen Kebersihan
Beraktivitas dalam rangka membersihkan kota, jalanan dan menertibkan pasar serta tempat lainnya.
Kantor Urusan Gandum dan Roti
Sejumlah besar gandum dan roti dikontrol dari kantor ini guna menyediakan kebutuhan pangan wilayah tersebut.
Kantor Perhubungan dan Lalu lintas
Menertibkan jalan dan menertibkan lalu lintas perjalanan.
Kantor Pengaduan
Memenuhi kebutuhan berbagai macam bantuan dan sandang pangan kepada warga.
Kantor Amal (Kerja)
Membuka pintu kesempatan bagi para pencari kerja dan menempatkannya sebagai pegawai di kantor-kantor dulu dengan pola kerja sama dengan kantor proyek.

Bersambung…

No comments:

Post a Comment

Popular Posts