PASUKAN PANJI HITAM THE BLACK BANNER

Saturday, June 16, 2012

Pangeran Nayef bin Abdul Aziz al-Saud Meninggal di Swiss


Jakarta  Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Nayef bin Abdulaziz al-Saud  meninggal di Jenewa, ungkap televisi negara Saudi, Sabtu. Nayef baru beberapa waktu diangkat menjadi putera mahkota, sejak meninggalnya putera mahkota Pangeran Sultan, yang meninggal di Amerika Serikat.
Pangeran Nayef menjadi  menteri dalam negeri sejak tahun 1975, diangkat sebagai pewaris tahta, dan akan menggantikan Raja Saudi Abdullah, dan baru dinobatkan sebagai putera mahkota pada bulan Oktober,  setelah kematian kakaknya, putera mahkota Pangeran Sultan.
Pemakaman putera mahkota  Pangeran Nayef bin Abdulaziz al-Saud akan diselenggarakan Ahad, sore menjelang matahari terbenarm, ungkap seorang pejabat Saudi.
Televisi Al Arabiya melaporkan bahwa Pangeran Nayef akan disholatkan Masjidil Haram,  Mekkah. Pangeran Najef meninggal dunia di usia 78 tahun.
Dengan kematain Pangeran Nayef, berarti Raja Abdullah yang sudah berususia  89 tahun, harus memilih pewaris baru kedua kalinya hanya dalam waktu sembilan bulan.
Menteri Pertahanan Pangeran Salman, 76,  nampaknya akan menggantikan Pangeran Nayef. Salman dipandang  paling pantas menggantikan Nayef, karena diantara putera mahkota yang paling senior adalah Pangeran Salman.
Raja Abdullah, Nayef, dan Salman adalah salah satu dari 40 anak pendiri Kerajaan Arab Saudi, Abdulaziz bin Saud. Kerajaan Arab Saudi didirikan oleh Saud pada tahun 1935.
Salman diangkat menjadi menteri pertahanan pada November lalu, sesudah Pangeran Sultan meningggal,  dan sebelumnya Salman menjabat sebagai gebernur  Riyadh selama lima dekade.

Nayef  yang menjabat menteri dalam negeri dan kepala intelijen Arab Saudi, berperan besar dalam memberangus dan menumpas, apa  yang disebut kaum radikal dan fundamentalis Arab Saudi.
Bahkan, seorang tokoh al-Qaidah Semenanjung Arab (AQAB), mengancam akan membunuhnya, bila masih melanjutkan tindakan yang teras terhadap kelompok fundamentalis di Saudi.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts