PASUKAN PANJI HITAM THE BLACK BANNER

Thursday, November 24, 2011

Suriah tak akan tunduk pada tekanan internasional

Tenggat waktu yang diberikan Liga Arab agar pemerintah Suriah menerima rencana perdamaian yang diusulkan organisasi itu telah berakhir.
Sebelumnya, pemerintah Suriah menyatakan secara prinsip menerima usulan Liga Arab itu, namun sejumlah analis menduga pernyataan ini hanyalah sekadar taktik mengulur waktu saja.
Pimpinan Liga Arab mengatakan organisasi itu tengah mempelajari surat pemerintah Suriah yang isinya mengusulkan sejumlah perubahan dalam rencana perdamaian itu.
Sejumlah laporan menyebut Damaskus berupaya untuk meminta pengurangan jumlah anggota delegasi pengamat menjadi 40 orang dari 500 orang yang diusulkan Liga Arab.
Dalam usulan Liga Arab, para pengamat itu akan bertugas untuk mengawasi implementasi rencana perdamaian yang meminta pemerintah Suriah menghentikan serangan terhadap para pengunjuk rasa, menarik mundur pasukan militer dan memulai negosiasi dengan oposisi.
Sementara itu, kekerasan kembali terjadi di hari berakhirnya tenggat waktu Liga Arab untuk Suriah.
Setidaknya 24 orang tewas dalam bentrokan antara oposisi dan pemerintah di kota Homs, Qusair, Kafr Takharim, Hama, Deraa dan Bokamal.

Tak akan tunduk

Namun, tanda-tanda pemeirntah Suriah akan mengupayakan perdamaian masih jauh dari harapan.
Dalam wawancara dengan surat kabar The Sunday Times, Presiden Bashar al-Assad menegaskan pemerintahannya tidak akan tunduk terhadap tekanan internasional yang mengkritik cara pemerintahannya menangani aksi unjuk rasa. 
Bahkan kepada surat kabar terbitan Inggris itu, Assad menegaskan dirinya sudah siap untuk terus bertempur dan mati untuk Suriah jika negeri itu pada akhirnya harus menghadapi intervensi asing.
Assad menegaskan dirinya sangat prihatin atas setiap darah warga Suriah yang tumpah, namun dia memastikan milternya tetap akan mengejar kelompok yang disebutnya geng pemberontak dan menegakkan hukum.
"Konflik akan terus berlangsung dan semua upaya untuk mengucilkan Suriah pun terus berlangsung. Tetapi saya jamin Suriah tidak akan bertekuk lutut," kata Assad.
Selain itu, Assad juga menuding Liga Arab tengah menciptakan jalan untuk intervensi militer Barat terhadap Suriah yang menurut dia akan menciptakan 'gempa bumi' di seluruh Timur Tengah.
"Jika Barat berfikir logis, rasional dan realistis maka mereka tidak melakukan itu. Invasi militer hanya akan menambah ketidakstabilan seluruh kawasan akibatnya akan mempengaruhi semua negara," ujar Assad.
"Satu-satunya jalan (menciptakan perdamaian di Suriah) adalah memburu kelompok-kelompok bersenjata, mencegah masuknya senjata dari negara tetangga, mencegah sabotase dan menegakkan hukum," tambah Assad.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts